Whatsapp

+6281-1227-7954

klien7summitstravel@gmail.com

Blog Image

29

Feb

Jelajahi Pesona Pesisir Nongsa di Kampung Tua Bakau Serip, Batam

7summits Travelers pasti setuju kan, kalau Kota Batam di Kepulauan Riau memiliki lokasi yang strategis sehingga jadi destinasi liburan yang seru abis! Salah satu destinasi di Kota Batam yang paling favorit dan ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara adalah Nongsa. Namun, 7summits Travelers sudah tahu belum, kalau di pesisir Nongsa ada harta karun tersembunyi, yaitu Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip? Desa ini terletak di Jl. Hang Lekiu KM.4, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

 

Apa yang spesial dari Kampung Tua Bakau Serip?

Terletak di pesisir pantai utara Kota Batam, Kampung Tua Bakau Serip menjadi destinasi ekowisata pilihan yang memukau dengan keberadaan hutan bakaunya. Desa ini mengusung prinsip pariwisata ramah lingkungan dan berpedoman pada Community Based Tourism, sehingga tidak heran masuk nominasi 50 besar desa terbaik Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022. Desa ini juga merupakan rumah bagi masyarakat Tempatan yang masih berpegang teguh dengan budaya tempatan kampung tua daerah pesisir. Lokasinya yang dekat dari Bandara Internasional Hang Nadim, sering membuatnya menjadi destinasi wisata edukasi bagi pelajar dari Singapura dan Malaysia. 7summits Travelers jadi penasaran ingin lebih tau tentang desa ini? Simak bahasan berikut!

 

1. Menjelajahi megahnya Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu

Salah satu keunggulan dari Kampung Tua Bakau Serip adalah wisata alam Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu-nya. Konservasi bakau di sini menempati lahan seluas 7 hektare. 7summits Travelers bisa mencoba beragam atraksi ekowisata Hutan Mangrove Pandang Tak Jemu, seperti mangrove tracking yang memakai sampan dan mengeksplor area hutan bakau, serta outbond di hutan bakau. Ingin berkemah? Bisa! Di sini juga disediakan tenda-tenda untuk berkemah disertai fasilitas lengkap seperti musala, toilet, restoran seafood, selfie area, toko cendera mata, toko sewa alat, panggung pertunjukan seni, dan WiFi.

 

2. Memandang Negeri Jiran dari seberang pantai pasir putih

Kalau sudah menyambangi hutan bakaunya, 7summits Travelers harus teruskan perjalanan hingga pesisir pantai di Kampung Tua Bakau Serip. Ada dua pantai di sini, yaitu Pantai Bale dan Pantai Pandang Tak Jemu. Keduanya menghadap ke Negeri Jiran, yaitu Malaysia dan Singapura yang penampakannya bisa 7summits Travelers saksikan dari pinggir pantai. Keindahan lain pantai-pantai ini terletak pada pasir putihnya yang bersih dan memesona dengan dikelilingi hutan bakau. Di sini juga terdapat beberapa fasilitas seperti ayun-ayunan dan gazebo. Pokoknya, enggak rugi kalau ke sini!

 

3. Menyaksikan pertunjukan budaya yang meriah

Enggak seru kalau belum menonton pertunjukan budaya khas Melayu yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Tari Melayu Pandang Tak Jemu. Di sini, alunan musik tradisional serta tarian Melayu-Batam menciptakan suasana yang khas Kota Batam. Di antara tarian yang ditampilkan adalah tarian persembahan untuk para tamu yang datang diiringi iringan musik tabuh kompang, tari sekapur sirih, serta tarian kuda lumping.

 

4. Mencicipi kuliner masakan seafood ala kampung pesisir 

7summits Travelers pencinta makanan seafood? Masakan seafood ala kampung pesisir Bakau Serip dijamin akan menggoyang lidah! Rasa khasnya serta bumbu uniknya dinikmati oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke sini. 7summits Travelers juga wajib coba kuliner khas lainnya seperti olahan gonggong, gogos, dan buras yang dibungkus dengan daun pisang yang dibakar. Untuk camilannya, juga ada beberapa produk UMKM seperti keripik, manisan, dan aneka camilan lain.

 

5. Membeli oleh-oleh unik berbahan dasar kekayaan laut

7summits Travelers cari buah tangan khas Kampung Tua Bakau Serip? Mampir saja ke Pasar Mangrove! Pasar ini merupakan event reguler yang diadakan seminggu sekali di Kampung Tua Bakau Serip. Di sini berjajar stand UMKM yang menjual aneka camilan dan jajanan kampung, serta produk kerajnan tangan. 7summits Travelers bisa pilih hasil anyaman tas, kerajinan kerang dan eceng gondok, pakaian, pohon bonsai, kriya bahan non organik, produk tali masker, serta tas rajut. Unik-unik, ya?

 

Wah memang enggak salah ya memilih Kampung Tua Bakau Serip sebagai destinasi tujuan 7summits Travelers selama berada di Nongsa, Batam!


Ayo temuin paket paket-paket tour murah di 7summitstravel.com atau kamu bisa custom serta konsultasi gratis terkait tour kamu lewat whatsapp kami di nomor 0811-2277-954

Share This News

Comments

Newsletter

Put your email below to subscribe our latest PROMO & NEWS