Kategori: Uncategorized, dibuat pada September 8, 2012
oleh admin

Taman Safari Indonesia berada di 3 lokasi. Yang pertama di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kedua di Tretes, Jawa Timur. Dan lokasi ketiga berada di Bali. Dari ketiga lokasi tersebut, di Cisarua merupakan lokasi pertama berdirinya Taman Safari di Indonesia.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta, mengunjungi Taman Safari yang berada di Cisarua mungkin menjadi pilihan. Hal ini disebabkan karena daerah Puncak telah menjadi tempat rekreasi favorit bagi masyarakat Jakarta karena letaknya yang tidak terlalu jauh, berkisar 80 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 1 – 2 jam jika jalanan tidak macet.

Ada cukup banyak petunjuk di sepanjang jalan menuju Taman Safari mulai pintu keluar tol yang dapat memudahkan Anda menuju lokasi ini. Letak daerah Cisarua berada belum sampai puncak pass dari gunung Pangrango. Dari arah tol menuju puncak, Anda akan menemukan petunjuk pintu masuk Taman Safari yang ada di sebelah kanan.

Berbelok ke arah kanan menuju pintu gerbang, jalanan menanjak harus ditempuh. Di sepanjang jalan ini terdapat beberapa penginapan yang dapat menjadi pilihan jika Anda ingin bermalam di daerah ini. Anda juga akan menjumpai pedagang wortel, pisang, atau sayuran pada jalan ini. Wortel dan sayuran ini dapat Anda beli untuk memberi makanan binatang yang ada di Taman Safari. Untuk wortel harganya berkisar Rp 10.000,- untuk 4 ikat. Ada juga penjual jagung bakar yang dapat mengganjal perut Anda dari rasa lapar dan udara dingin.

Sebuah gerbang yang menyerupai gading gajah menandakan Anda hampir sampai di loket karcis masuk. Harga karcis masuk Taman Safari Rp 75.000,- untuk orang dewasa, untuk karcis mobil, Anda harus membayar Rp 15.000,-. Sedangkan untuk penjung atau wisatawan asing, harga karcis masuk 2 kali lipat. Harga ini berlaku setiap hari, tanpa membedakan weekday (hari kerja) atau weekend (akhir pekan). Anda akan mendapat peta yang berisi lokasi dan tempat-tempat yang ada di taman rekreasi ini, jadwal pertunjukan atraksi hewan juga rute yang akan Anda lalui beserta urutan binatang apa saja yang akan Anda temui. Sebaiknya, Anda menyimpan peta ini agar memudahkan Anda menemukan yang ingin Anda kunjungi.

Berbagai Binatang

Memasuki area binatang, Anda harus melalui jalan dengan rumput dan pepohonan di kiri kanan jalan. Pada bagian pertama, Anda akan disambut oleh zebra. Kuda berwarna unik hitam putih ini akan meminta makanan dan mereka senang untuk menjulurkan kepalanya ke jendela mobil Anda. Pada bagian hewan jinak, Anda dapat membuka kaca dan memberi makanan kepada mereka. Beberapa hewan akan “memaksa” Anda memberi makanan dengan cara berdiri di depan mobil Anda. Tetapi, hal ini biasanya tidak berlangsung lama karena ada pawang yang menjaga di beberapa tempat yang akan mengarahkan mereka.

Pada bagian binatang buas seperti macan tutul, harimau, singa dan beruang ada gerbang otomatis yang akan membuka saat mobil hendak melintas. Anda mungkin akan merasa sedikit tegang saat memasuki area binatang buas. Pada bagian harimau dan singa tempat dibuat menyerupai puing-puing bangunan. Mereka biasanya senang berada di bagian atas sambil mengamati daerah sekitar. Pada bagian beruang, kita dapat melihat beruang-beruang besar yang sedang tidur atau sedang bermain.

Area Permainan dan Pertunjukkan

Keluar dari rute melihat binatang yang dibuat layak seperti habitat aslinya, ada berbagai wahana lain yang dapat Anda nikmati di tempat rekreasi ini. Beberapa mainan yang menggunakan mesin seperti “Mini Kora-Kora”, “Jet Coaster”, “Spinning Boat” dan wahana lainnya dapat dicoba. Hanya saja, untuk menikmati pemainan ini Anda harus membayar Rp 10.000,- untuk setiap permainan.

Safari Water Park

Bagi Anda yang gemar berenang, Anda dapat mencoba berenang di Safari Water Park. Yang unik dari berenang di sini adalah Anda dapat merasakan sensasi berenang bersama buaya. Tentu saja tidak secara langsung karena ada pemisah antara kolam renang dengan buaya. Anda dapat mencoba untuk menaiki seluncuran yang menantang dan merasakan dinginnya air pegunungan yang mengisi kolam renang ini.

Berbagai atraksi binatang dapat Anda saksikan secara gratis. Ada atraksi gajah, harimau, aneka satwa,burung, lumba-lumba dan singa laut, sirkus maupun koboi. Pertunjukan berlangsung 2-3 kali sehari. Pada atraksi ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana pintarnya binatang tersebut dan tingkah mereka yang mengundang tawa. Misalnya, tingkah orang utan yang lucu atau bagaimana pandainya gajah yang dapat melukis.

Semua atraksi binatang memiliki cerita yang mendidik, umumnya bertema agar manusia tidak merusak lingkungan sekitar yang dapat mengganggu kehidupan binatang dan dapat merugikan manusia sendiri. Pada akhir pertunjukkan, Anda dapat berfoto dengan binatang yang beratraksi. Sedangkan pada atraksi harimau, Anda dapat berfoto dengan harimau putih yang berukuran cukup besar. Untuk berfoto dengan harimau ini, Anda harus membayar Rp 10.000,- jika foto seorang diri atau Rp 25.000,- jika lebih dari 1 orang.

Baby Zoo

Wahana yang banyak dikunjungi adalah Baby Zoo. Pada bagian depan Baby Zoo, anak-anak dapat mencoba untuk menunggang kuda poni, kuda mungil yang memiliki poni pada bagian atas kepalanya membuat kuda ini terlihat menggemaskan.

Disebut Baby Zoo, karena di dalamnya terdapat anak dari binatang-binatang. Memasuki Baby Zoo, Anda akan menjumpai anak kudanil yang akan membuka mulutnya untuk meminta makan. Anda dapat menyentuhnya sambil memberi makanan. Ada juga sejenis primata dengan ukuran besar yang akan menengadahkan tangannya untuk meminta makan di samping anak kudanil ini.

Masuk ke bagian lebih dalam, ada bangunan yang dibuat seperti Taj Mahal yang ada di India. Dengan dibatasi tembok dan pembatas bening, Anda dapat meihat harimau putih Yang menarik dari kawasan Baby Zoo adalah Anda dapat berfoto dengan binatang yang umumnya masih merupakan anak-anak. Inilah yang menyebabkan daerah ini disebut Baby Zoo. Dengan membayar Rp 10.000,- per orang untuk tiap foto, Anda dapat memilih untuk berfoto dengan anak singa, anak macan tutul, bayi orang utan, anak harimau putih atau harimau Sumatra yang berukuran cukup besar. Foto diambil menggunakan kamera Anda pribadi karena pihak Taman Safari tidak menyediakan kamera atau fotografer. Dengan dijaga oleh pawang, Anda kan dibantu untuk memangku atau memegang binatang-binatang ini. Rasanya cukup menyenangkan, karena ini pengalaman yang sulit ditemukan dimana Anda dapat memegang binatang buas dan mengabadikannya dalam foto.

Masih dalam kawasan Baby Zoo, Anda dapat melihat koleksi unggas yang terdiri dari berbagai jenis dalam Bird Aviary. Sebuah kubah yang menjadi tempat tinggal lebih dari 1000 burung dan terdiri dari 90 species burung sehingga Anda dapat bebas mengagumi aneka unggas yang berterbangan bebas. Anda juga dapat melihat kangguru di kawasan ini.

Penguin

Salah satu binatang unik yang menjadi koleksi Taman Safari Cisarua, Bogor dan jarang Anda temukan di tempat lain adalah koleksi burung penguin. Ada kolam khusus yang airnya dibuat menyerupai suhu air tempat hidup pinguin ini. Anda dapat melihat tingkah lucunya yang sedang berenang di kolam dengan memasuki bangunan yang menyerupai iglo, rumah orang Eskimo yang terbuat dari es. Di sini, Anda juga dapat melihat pinguin yang berjalan dengan lucu di atas kolam. Penguin biasa hidup berkelompok, saat ada satu penguin berenang, sekelompok pinguin akan ikut berenang. Begitu juga saat ada pinguin yang naik, sekelompok penguin akan naik dari kolam. Tidak jauh dari penguin, Anda dapat melihat kandang komodo dan buaya.

Kendaraan Wisata

Untuk Anda yang ingin mengitari kawasan ini tapi sudah merasa lelah, tersedia mobil yang dibuat seperti kereta untuk mengantarkan Anda memutari kawasan Taman Safari. Terdapat beberapa loket dan halte untuk membeli karcis seharga Rp 10.000,- sebagai tempat untuk naik kendaraan ini. Tersedia juga “Sky Lift” (kereta gantung) agar Anda dapat melihat seluruh kawasan ini dari ketinggian.

Anda juga dapat mencoba menunggang gajah untuk melewati hutan di Taman Safari dengan “Elephant Trail”. Dengan ditemani pawang, Anda dapat menunggang gajah yang akan menyusuri hutan dan sungai dan Anda bebas untuk menikmati rimbunnya alam di kawasan ini.

Air Terjun Jaksa

Pada bagian atas Taman Safari, terdapat Air Terjun Jaksa yang dapat mendatangkan kesegaran tersendiri bagi orang yang mengunjunginya. Banyak pula terdapat restoran dan toko-toko souvenir yang menjual boneka binatang, kaos atau souvenir lain yang dapat menjadi kenang-kenangan Anda pada tempat ini. Taman Wisata ini akan terlihat mulai sepi pada jam 17.00 WIB karena jam operasi kawasan wisata Taman Safari ini mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Safari Trek

Untuk menikmati wisata di Taman Safari, ada beberapa pilihan yang dapat Anda coba selain dengan cara melihat binatang dengan kendaraan pada pagi hingga sore hari. Bagi Anda yang senang berolahraga, ada jalur khusus pejalan kaki untuk melihat binatang dari atas yaitu Safari Trek. Dengan ditemani pemandu, Anda akan menyusuri jalanan setapak yang tidak mulus. Pada rute Safari Trek, Anda akan melewati air terjun dan dapat mencoba keberanian dengan mencoba flying foxes, rope climbing dan permainan lainnya. Safari Trek akan terasa menyegarkan karena tanpa terasa Anda sudah berolahraga sambil mengisi paru-paru Anda dengan udara bersih di pegunungan ini.

Safari Night

Jika Anda ingin merasakan suasana yang berbeda, Safari Night dapat menjadi pilihan. Safari Night mulai dari pukul 19.00 WIB dan hanya diadakan pada weekend (akhir pekan). Anda dapat melihat kehidupan binatang pada malam hari.

Penginapan

Taman Safari juga menyediakan tempat untuk bermalam. Tempat penginapan berupa bungalows dari kayu dengan beberapa kamar atau menginap di dalam karavan (caravan). Semua berada di lingkungan pegunungan yang rimbun dan tenang. Fasilitas seperti kolam renang, restoran, karaoke dan ruang rapat tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Cobalah untuk mengunjungi Taman Safari Indonesia di Cisarua karena banyak pertunjukan dan permainan menarik yang dapat dinikmati. Tempat ini khususnya akan disukai anak-anak yang senang memperhatikan tingkah laku binatang ditambah Anda dapat mengajak mereka berinteraksi langsung dengan binatang di kawasan Baby Zoo. Ini akan menjadi pengalaman yang baru untuk anak di Taman Safari.

                                                                   HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA
                                                                              http://7summitstravel.com/?page_id=98
 

Leave a Reply

Head Office 7SUMMITSTRAVEL & Photography
Jl. Nusa Rancamanyar No. 4 Baleendah
Kab.Bandung 40375, West-Java Indonesia
Email : marketing@7summitstravel.com
YM : chevy_ferdian or summit_seven
Blackberry Pin : 7DoDD747 / 7CF7B673
Phone : 022.9338.0052/ 0813.2237.9153/ 0857.2215.9053 (Chevy)